Mekanisme Pengaduan

Mekanisme Pengaduan

Bagan Alur Penanganan Pengaduan

Gambar diatas merupakan Skema Alur Penanganan Pengaduan Masyarakat berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 076/KMA/SK/VI/2009.

Berdasarkan SK KMA Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tersebut Pengadilan Tingkat Banding sebagai voorpost Mahkamah Agung RI diberi kewenangan menangani sendiri pengaduan masyarakat yang masuk, kecuali dalam beberapa hal Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dapat mengambil alih apabila :

  1. Terlapor telah pindah tugas ke pengadilan lain yang berada di wilayah hukum di pengadilan tingkat banding yang lain
  2. Pengaduan bersifat pending atau menarik perhatian masyarakat
  3. Penanganan pengaduan yang dilaksanakan di pengadilan tingkat banding berlarut-larut

Pengadilan Tingkat Pertama diberikan kewenangan sebatas menerima pengaduan dan berkewajiban untuk meneruskan pengaduan tersebut kepada Pengadilan Tingkat Banding atau Mahkamah Agung dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak pengaduan diterima.

Penanganan pengaduan saat ini mengakomodir pula hak-hak dari para pelapor seperti hak mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitas, mendapatkan kesempatan untuk memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun, mendapatkan informasi mengenai tahapan, penanganan pengaduan yang disampaikannya serta pelapor berhak mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap sistem pengaduan masyarakat, Mahkamah Agung menerbitkan brosur tentang informasi layanan pengaduan masyarakat dan prosedur penyampaian laporan pengaduan yang disebarluaskan melalui Pengadilan Tingkat Pertama maupun Pengadilan Tingkat Banding.

Hak-hak pemohon informasi berdasarkan SK KMA No. 144/KMA/SK/VIII/2007:

  1. Anda berhak untuk mendapatkan jawaban atas permohonan informasi yang anda mohonkan selambat-lambatnya 3 hari setelah permohonan anda sampaikan.
  2. Apabila informasi yang anda mohonkan ditolak oleh Petugas Informasi atau apabila dalam jangka waktu 3 (tiga) hari anda belum mendapatkan jawaban dari Petugas Informasi, maka anda dapat mengajukan keberatan kepada Penanggung Jawab Informasi di Mahkamah Agung melalui formulir yang tersedia.

Tata Cara Pengaduan Pada Pengadilan Agama Kelas I-A Samarinda

Pengaduan pada Pengadilan Agama Kelas I-A Samarinda dapat anda sampaikan :

Secara lisan

  1. Melalui telepon (0541) 742018 atau Fax : (0541) 7773747
  2. Datang langsung ke Meja Informasi di kantor Pengadilan Agama Samarinda : dengan alamat : Jl. Ir. H. Juanda No.64 Samarinda
  3. Untuk pengaduan secara lisan, mohon dilakukan pada jam kerja pukul 08.00-16.30

Secara tertulis

  1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Samarinda, dengan cara diantar langsung ke Meja Informasi di Kantor Pengadilan Agama Sasmarinda, dikirim melalui faxsimile (0541) 7773747, atau melalui pos ke alamat kantor di Jl. Ir. H. Juanda No.64 Samarinda.
  2. Melalui e-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  3. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Samarinda

  1. Pengadilan Agama Samarinda akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis
  2. Pengadilan Agama Samarinda akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan
  3. Pengadilan Agama Samarinda akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis
  4. Pengadilan Agama Samarinda hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor

 

 

Link PA. Se-Kaltim

PTA Samarinda
Jl. Letjen MT. Haryono No. 24
Telp. (0541) 733337 Samarinda


PA Balikpapan
Jl. Kol. H. Syarifuddin Yoes No. 1
Telp. (0542) 7219469 Balikpapan


PA Tanjung Redeb
Jl. Mangga I Nomor 09
Telp. (0554) 21335 Tanjung Redeb


PA Tanah Grogot
Jl. Sultan Ibrahim Khaliuddin
Telp. (0543) 22091 Kab. Paser


PA Tenggarong
Jl. Pesut Nomor 14
Telp. (0541)6667063 Kab. Kutai Kartanegara


PA Tanjung Selor
Jl. Sengkawit
Telp. (0552) 21178 Kab. Bulungan


PA Bontang
Jl. - Telp. - Madya Bontang


PA Sangatta
Jl. Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa,SH. No.1
Telp. (0549) 25767 Kab. Kutai Timur


PA Tarakan
Jl. Sei Sesayap No. 1
Telp. (0551) 21003 Tarakan


PA Nunukan
Jl. Tanjung No. 01
Telp.(0556) 23939 Nunukan

 

PENGADUAN ONLINE

siwas

Informasi Perkara

sipp

Go to top