Selamat Datang di pengadilan agama Samarinda   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di pengadilan agama Samarinda Powered By GSpeech

banner pa samarinda

PTSP

Selamat Datang di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Agama Samarinda Kelas I-A Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Pencari Keadilan Guna Mewujudkan Pelayanan Yang Cepat, Mudah, Transparan, Terukur, dan Terjangkau
PTSP

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

E-Court Mahkamah Agung RI

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.
E-Court Mahkamah Agung RI

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

JADWAL SIDANG

ajadwalsidangPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak berperkara.

INFORMASI PERKARA

aSIPPMelalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

E-COURT

aE COURTLayanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

PENGADUAN

aSIWASSIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

BIAYA PERKARA

abiayaperkaraEstimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Waspada terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan pimpinan dan pegawai Pengadilan Agama terkait dengan janji mempermudah proses berperkara dengan permintaan imbalan sejumlah uang.

Mengakhiri minggu kedua  bulan Februari 2015 ini, tepatnya Jumat (13/2/2015) Pengadilan Agama Samarinda melakukan rapat umum dengan melibatkan semua unsur mulai dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera/Sekretaris, pejabat Struktural dan Fungsional lainnya serta seluruh pegawai Pengadilan Agama Samarinda.

Rapat

 Rapat yang mengambil tempat diruang sidang utama ini dimulai tepat pukul  08.45 Wita yang dimulai dengan arahan Drs. H. Hatpiadi, M.H (KPA Samarinda). Dalam arahannya KPA Samarinda mengutarakan bahwa rapat umum kali ini adalah difokuskan pada pembahasan hasil Rapat Koordinasi antara pimpinan PTA Samarinda dengan pimpinan PA Se-Kalimantan Timur dan Utara yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris masing-masing pada tanggal 28-30 Januari 2015 yang lalu.

 Salah satu hal yang sangat penting dan mendesak dalam Rapat Koordinasi di PTA Samarinda tersebut adalah tentang pelaksanaan Biaya Proses dan administrasinya yang menjadi  temuan dalam pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada beberapa satuan kerja baik pada Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri se Indonesia yang dijadikan sampel pemeriksaan.

Oleh karena itulah KPA Samarinda mengharapkan dengan adanya rapat umum yang melibatkan seluruh unsur pada Pengadilan Agama Samarinda ini nantinya akan menemukan solusi atas temuan oleh BPK tersebut dan juga menjadi barometer sejauh mana apakah temuan BPK atas pelaksanaan Biaya Proses tersebut juga ditemui di Pengadilan Agama Samarinda.

 Sementara itu Drs.H. Jasri, S.H.,M.HI (WKPA Samarinda) dalam arahannya mengingatkan kembali akan kesungguhan seluruh unsur yang ada pada Pengadilan Agama Samarinda  untuk benar-benar  melaksanakan tupoksi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi dan tetap mengedepankan orientasi pelayanan terbaik pada masyarakat dan juga harus semakin meningkatkan kekompakan dan kebersamaan dalam pergaulan sehari-hari dalam melaksanakan tugas.

Rapat1

 Selain itu juga dalam kesempatan ini WKPA Samarinda bertindak layaknya seorang “pemateri” dalam acara-acara bimtek, yakni dalam pemaparannya WKPA mengoperasikan Infocus Slide sebagai media penyampaian untuk menjabarkan satu persatu materi rapat koordinasi di PTA Samarinda dan materi temuan BPK atas temuan pelaksanaan Biaya Proses.

 Kegiatan rapat umum yang sesekali diselingi pertanyaan dari peserta rapat ini berlangsung dengan menarik karena setiap hal yang disampaikan oleh WKPA Samarinda selalu ramai akan pertanyaan dari peserta rapat.

Rapat2

 Dalam rapat umum ini juga dimanfaatkan oleh Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Samarinda selaku Kuasa Pengguna Anggaran (Drs. Hairil Anwar, M.H) untuk melakukan sosialisasi dan penyampaian akan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2015. Diantara point-point yang penting disampaikannya adalah tidak adanya ketersediaan anggaran pengadaan baju dinas bagi PNS, uang lembur PNS  dan kemudian terdapatnya kenaikan pada anggaran uang Makan PNS yang sangat signifikan dan sudah dirasakan oleh pegawai PA Samarinda saat menerima uang makan bulan Januari 2015.

 Kemudian sebelum mengakhiri rapat umum ini, KPA Samarinda juga mengambil momentum untuk membubarkan secara resmi kepanitiaan kegiatan Ikatan Keluarga Peradilan Agama (IKPA) Sewilayah hukum PTA Samarinda, yang  mana Pengadilan Agama Samarinda ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut pada tanggal 24 Januari 2015 yang lalu.

 “Terima kasih atas kerjasamanya, sumbangsih pikiran maupun materi dari semua unsur pimpinan, Hakim, Panitera/Sekretaris, pejabat struktural dan fungsional serta segenap keluarga besar Pengadilan Agama Samarinda. Semoga apa yang telah kita perbuat pada kegiatan IKPA  yang lalu mendapat balasan dari Allah SWT” akhir KPA Samarinda sembari memukulkan palu sebagai tanda resmi pembubaran kepanitiaan kegiatan tersebut.**)

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Prodeo
  • Format Gugatan dan Permohonan
  • Reformasi Birokrasi
  • Surat Dinas

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu (Prodeo)

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Contoh Format Gugatan dan Permohonan

pdf iconBagi pihak berperkara bisa mencontoh format gugatan dan permohonan yang tersedia diwebsite ini

Selengkapnya

REFORMASI BIROKRASI

PENGADILAN AGAMA SAMARINDA KELAS I-A

NoURAIANAksi
1.  SK TIM REFORMASI BIROKRASI pdf icon
2. GRAND DESIGN pdf icon
3. ROAD MAP RB pdf icon
4. 8 AREA PERUBAHAN pdf icon
5. MATERI RB pdf icon

SURAT DINAS / PIMPINAN / PEJABAT PENGADILAN

PENGADILAN AGAMA SAMARINDA KELAS I-A

NoURAIANAksi
1. SURAT PENDELEGASIAN KOORWIL Klik Disini
2. SURAT PERMOHONAN E-COURT Klik Disini
3. SURAT PERMINTAAN TAKSIRAN BIAYA PEMERIKSAAN SETEMPAT (22/11) Klik Disini
4. KENAIKAN GAJI BERKALA A.N HJ. SITI ASMAH Klik Disini
5. PERMOHONAN PENSIUN A.N SITI MUNIROH Klik Disini
6. PERMOHONAN PENEMPATAN SISWA PENDIDIKAN SISTEM GANDA Klik Disini
7. UNDANGAN RAPAT SURVEILLANCE PENJAMINAN MUTU Klik Disini

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Samarinda

JL. Ir. H. JUANDA NO 64. SAMARINDA
KALIMANTAN TIMUR

 

Telp: 0541-742018 / 7773747

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Copyright Tim IT PA. Smd@2018
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech