Homeberita smdPengawasan Reguler

Pengawasan Reguler

EKSPOSE HASIL PEMBINAAN DAN PENGAWASAN
OLEH HAKIM TINGGI PENGAWAS DAERAH
PENGADILAN TINGGI AGAMA SAMARINDA

Dalam rangka memberikan bimbingan berupa pembinaan serta monitoring terhadap hasil pengawasan sebelumnya, Senin (14/3) Pengadilan Agama Samarinda kembali kedatangan Hakim Tinggi Pengawas Daerah (Hatiwasda) bersama tim dan pendampingdari Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, yakni Bapak 1). Drs. H. Iskandar Paputungan, MH (Ketua Tim), 2). Drs. H.A. Afandi Zaini, SH., MM, 3). Drs. H. Akhmad Syamhudi, SH., MH, 4). Hernawan, SH, dan 5). Agus Johan Rahmatullah, S.HI yang langsung disambut oleh Drs. H. Hatpiadi, MH, selaku Ketua Pengadilan Agama Samarinda.

hatiwas2016 1
[kiri-kanan] Drs. H. Hatpiadi, MH (KPA.Samarinda), Drs. H. M. Yamin Awie, SH., MH (KPTA.Samarinda)
Drs. H. A. Affandi Zaini, SH., MH dan Drs. H. Akhmad Syamhudi, SH., MH (Hatiswasda)

Kegiatan monitoring yang berlangsung mulai tanggal 14 s.d 16 Maret 2016 dilakukan dimulai dengan pemeriksaan terhadap bagian kepaniteraan dan kesekretariatan, tetapi pada kesempatan kali ini lebih meniktikberatkan pada administrasi penerimaan perkara, administrasi persidangan, bedah berkas, dan semua sub bagian kesekretariatan. Diakhir dari monitoring, dilakukan sesi “ekspose” serta bimbingan dari hakim tinggi pengawas daerah.

Pada ekspose kali ini, Pengadilan Agama Samarinda sangat berbangga karena kedatangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Drs. H. M. Yamin Awie, SH., MH yang telah hadir untuk memberikan bimbingan dan arahan hasil dari Pengawasan Hatiwasda pada kesempatan kali ini.

Dalam temuan yang dibacakan oleh Drs. H. Akhmad Syamhudi, SH., MH memberikan bimbingan seputar peningkatan kinerja aparat peradilan yang dirasa masih kurang ketelitian dan kecermatan dalam penyelesaian perkara mulai dari penerimaan hingga penyelesaian perkara, dari hal tersebut perlu dilakukan upaya sebagai antisipasi agar para pencari keadilan tidak merasa dirugikan.

hatiwas2016 2

Untuk itu, kinerja dan kualitas diri harus ditingkatkan mengingat tanggung jawab atau amanat yang diemban aparat peradilan dari ketua, wakil, para hakim, para pejabat hingga kepada staf atau bawahan adalah suatu amanah yang kelak dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT. Hal tersebut karena status mendasar adalah sebagai Pegawai Negeri Sipil yang tentu mengemban amanah sesuai dengan sumpah yang pernah diucapkan.

Selain itu, bapak Ketua PTA.Samarinda menyampaikan tujuan kunjungannya ke Pengadilan Agama Samarinda ini adalah untuk 2 hal, yakni pertama, untuk memonitoring dan evaluasi terhadap hasil pengawasan dan pemeriksaan yang sudah pernah dilaksanakan 3 hari ini, dan kedua untuk pembinaan dan bimbingan terhadap tenaga teknis Peradilan Agama. Disamping itu, beliau juga mewajibkan untuk membuat kontrak kinerja bagi masing-masing bagian yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan masing-masing dalam jangka waktu 2 bulan sampai dengan tanggal 16 Mei 2016. [*Nie]

 

 

Link PA. Se-Kaltim

PTA Samarinda
Jl. Letjen MT. Haryono No. 24
Telp. (0541) 733337 Samarinda


PA Balikpapan
Jl. Kol. H. Syarifuddin Yoes No. 1
Telp. (0542) 7219469 Balikpapan


PA Tanjung Redeb
Jl. Mangga I Nomor 09
Telp. (0554) 21335 Tanjung Redeb


PA Tanah Grogot
Jl. Sultan Ibrahim Khaliuddin
Telp. (0543) 22091 Kab. Paser


PA Tenggarong
Jl. Pesut Nomor 14
Telp. (0541)6667063 Kab. Kutai Kartanegara


PA Tanjung Selor
Jl. Sengkawit
Telp. (0552) 21178 Kab. Bulungan


PA Bontang
Jl. - Telp. - Madya Bontang


PA Sangatta
Jl. Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa,SH. No.1
Telp. (0549) 25767 Kab. Kutai Timur


PA Tarakan
Jl. Sei Sesayap No. 1
Telp. (0551) 21003 Tarakan


PA Nunukan
Jl. Tanjung No. 01
Telp.(0556) 23939 Nunukan

 

Ketua PA. Samarinda

01.syahruddin

Drs. H. SYAHRUDDIN, S.H., M.H
19561108 198203 1 003

PENGADUAN ONLINE

siwas

Informasi Perkara

sipp

Go to top