Homeberita smdPEMBINAAN KPTA SAMARINDA

PEMBINAAN KPTA SAMARINDA

kpta1

Untuk kesekian kalinya Pengadilan Agama Klas IA Samarinda dikunjungi oleh Drs.H. Moh. Yamin Awie, S.H.,M.H (Ketua PTA Samarinda) yakni pada Senin (26 Oktober 2015) tepat pukul 14.00 Wita.

Ketua PTA Samarinda yang hanya didampingi oleh supir beliau langsung menuju ruang Ketua setibanya di kantor PA Samarinda dan mengadakan silaturahmi bersama Ketua PA Samarinda yang didampingi Pansek PA Samarinda.

Setelah dari ruang KPA Samarinda, Ketua PTA Samarinda langsung menuju ruang sidang utama PA Samarinda untuk melakukan pembinaan dan silaturahmi dengan pegawai PA Samarinda.

Dalam sambutannya Drs.H. Hatpiadi, M.H (KPA Samarinda) mengucapkan selamat datang untuk KPTA Samarinda yang sudah berkenan mengunjungi PA Samarinda disela sela kesibukan beliau yang sangat padat, dan KPA Samarinda juga berharap dalam pembinaan KPTA Samarinda kali ini dapat memberikan informasi  tentang perkembangan terkini tentang pelaksanaan tupoksi maupun informasi lainnya.

 

KPTA Samarinda dalam pembinaan kali ini memberikan beberapa informasi yakni pertama tentang hasil Rapat Koordinasi di Bali beberapa waktu lalu, bahwa tidak lama lagi dalam pelaksanaan tupoksi administrasi kepaniteraan khususnya menyangkut administrasi Keuangan Perkara akan digunakan suatu Aplikasi Keuangan Perkara, yang mana didalam pelaksanaannya akan memudahkan pegawai selaku user dari Aplikasi tersebut. Karena pada Aplikasi Keuangan Perkara tersebut operator hanya menginput sekali saja transaksi keuangan perkara namun outputnya akan menghasilkan beberapa, diantaranya register keuangan perkara, transaksi harian biaya perkara, Buku Kas Umum Keuangan perkara dan sebagainya. Yang intinya dengan akan diaplikasikannya Aplikasi Keuangan tersebut akan memudahkan operator yang menanganinya dan tentunya akan akuntabel dalam penghitungan keuangan perkara tersebut.

Namun yang sekarang masih akan ditelaah lagi tentang Aplikasi Keuangan Perkara tersebut adalah dasar hukum atau legalitas terhadap Register Keuangan Perkara yang dihasilkan dari aplikasi tersebut apakah dengan adanya Aplikasi Keuangan Perkara tersebut nantinya Register Manual tidak akan terpakai atau masih terpakai tambah KPTA Samarinda.

kpta2

Dalam pembinaan kali ini KPTA Samarinda juga menekankan kembali tentang SEMA 73 tahun 2015 tentang Advokat yang ber acara di Pengadilan, dimana yang intinya pada SEMA 73 tahun 2015 tersebut  adalah setiap advokat diperbolehkan beracara di Pengadilan selama Advokat tersebut telah disumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi, tanpa memandang apa asosiasi Advokat tersebut bernaung.

Kemudian KPTA Samarinda juga memberikan gambaran tentang pelaksanaan sita eksekusi dan apa apa hal yang harus dilakukan dan dipedomani dalam pelaksanaannya. Jangan sampai dalam pelaksanaan sita esksekusi terdapat halangan dan rintangan yang akan menyulitkan pegawai dalam pelaksanaanya.

Dan penekanan utama KPTA Samarinda dalam pembinaan kali ini adalah tentang etika aparatur pengadilan baik didalam persidangan maupun luar persidangan, dimana dalam menjalankan amanat sebagai penegak hukum hindari membeda-bedakan masyarakat pencari keadilan, hindari bertutur kata yang tidak sopan, hindari merendahkan masyarakat pencari keadilan, karena semua masyarakat khususnya masyarakat pencari keadilan itu sama kedudukannya dalam mencari dan meminta keadilan terhadap masalah yang dihadapinya.

Diakhir acara pembinaan ini, KPA Samarinda mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas arahan dan bimbingan yang sudah diberikan KPTA Samarinda, dan beliau juga berharap dilain kesempatan KPTA Samarinda kembali berkenan mengunjungi PA Samarinda baik dalam rangka silaturahmi dan pembinaan.**))

 

 

 

 

Link PA. Se-Kaltim

PTA Samarinda
Jl. Letjen MT. Haryono No. 24
Telp. (0541) 733337 Samarinda


PA Balikpapan
Jl. Kol. H. Syarifuddin Yoes No. 1
Telp. (0542) 7219469 Balikpapan


PA Tanjung Redeb
Jl. Mangga I Nomor 09
Telp. (0554) 21335 Tanjung Redeb


PA Tanah Grogot
Jl. Sultan Ibrahim Khaliuddin
Telp. (0543) 22091 Kab. Paser


PA Tenggarong
Jl. Pesut Nomor 14
Telp. (0541)6667063 Kab. Kutai Kartanegara


PA Tanjung Selor
Jl. Sengkawit
Telp. (0552) 21178 Kab. Bulungan


PA Bontang
Jl. - Telp. - Madya Bontang


PA Sangatta
Jl. Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa,SH. No.1
Telp. (0549) 25767 Kab. Kutai Timur


PA Tarakan
Jl. Sei Sesayap No. 1
Telp. (0551) 21003 Tarakan


PA Nunukan
Jl. Tanjung No. 01
Telp.(0556) 23939 Nunukan

 

Ketua PA. Samarinda

01.syahruddin

Drs. H. SYAHRUDDIN, S.H., M.H
19561108 198203 1 003

PENGADUAN ONLINE

siwas

Informasi Perkara

sipp

Go to top